Dalam buku ini, komunikasi digambarkan sebagai suatu kebutuhan yang mutlak dalam kehidupan manusia. Selain dari itu, juga diuraikan tentang kedudukan ilmu komunikasi dalam khazanah ilmu pengetahuan.
Setiap pemangku kepentingan memiliki tugas dan kewajiban untuk terus peduli, berupaya, dan bekerja untuk mewujudkan cita-cita luhur, yakni melepaskan manusia dari jerat kemiskinan, kebodohan, eksploitasi, dan kesenjangan. Kesadaran untuk melepaskan diri dari kondisi demikian memerlukan langkah strategis dimana komunikasi bisa berperan di dalamnya. Komunikasi pembangunan adalah studi yang berusa…
Penggalangan massa, pemasaran, pelayanan publik, dan program-program penyadaran masyarakat sudah tidak bisa dipisahkan dengan komunikasi. Komunikasi memberi informasi, membentuk citra, mempersuasi, dan mendidik masyarakat melalui program-program yang dirancang dengan baik untuk memenuhi kebutuhan khalayak dan keinginan pemasar. Aspek-aspek tentang kebutuhan khalayak, strategi menyusun pesan, me…