Buku Model Pendidikan Anak Usia Dini ini dimaksudkan untuk membantupara guru PAUD (taman kanak-kanak, raudatul atfal, kelompok bermain,dan taman pendidikan agama) serta mahasiswa PAUD /PGT K untukmemperoleh pemahaman yang benar tentang konsep, model, danpendekatan PAUD . Diharapkan, melalui buku ini para guru dan mahasiwaPAUD/PGTK akan lebih terampil dalam mendesain berbagai modeldan pendekatan…
Untuk anak usia dini
buku ini membahas berbagai aspek penting dalam rangkain perkembangan tersebut.
Buku ini mengupas bagaimana menjadi guru paud yang berkualitas.
Secara garis besar, buku ini membahas tentang beragam aspek perkembangan anak mulai dari aspek nilai agama dan moral, aspek perkembangan sosial emosional, aspek pertumbuhan dan perkembangan fisik motorik, aspek perkembangan bahasa, hingga aspek perkembangan kognitif. Dan tidak berhenti pada aspek perkembangan saja, disertakan pula dalam buku ini cara menstimulasi berbagai aspek tersebut dalam d…
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) kini makin diakui dan dirasakan penting serta pengaruhnya bagi tumbuh kembang anak yang berkarakter, cerdas dan kreatif. Karena itu Pemerintah dan masyarakat telah berperan aktif untuk mengembangkan PAUD holistik-integratif yang memberi kesempatan dan peluang bagi anak untuk tumbuh kembang sebagai manusia multi dimensi yang tidak sekedar terampil dalam calistung…
Berisi pengetahuan dasar yang harus dipahami lebih dulu oleh calon guru, mahasiswa, dan pengelola PAUD sebagai landasan berpikir dan praktik, buku ini menghadirkan tiga elemen terpenting PAUD yaitu : Pengetahuan dasar guru PAUD ; Praktik guru PAUD profesional ; Materi pengayaan ke-PAUD-an
Hal yang perlu menjadi bahan pemahaman para guru dan orang tua dalamrangka menentukan pendekatan yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar adalah pengetahuan tentangteknik membentuk tingkah laku anak. Teknik-teknik itu meliputi teknik memahami, mengabaikan, mengalihkanperhatian, keteladanan, hadiah, perjanjian, membentuk, merubah lingkungan rumah, memuji, mengajak,menantang, menggunakan akibat…
Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang memberikan pelayanan kepada anak yang berada pada rentang usia lahir sampai delapan tahun. Pelayanan yang diberikan kepada anak berupa: perawatan, pengasuhan, pendidikan, dan pembinaan harus sesuai dengan teori dan praktik pembelajaran bagi anak usia dini. Anak usia dini memiliki potensi yang harus dikembangkan melalui rangsangan.