Penelitian Tindakan Kelas (PTK), atau Classroom Action Research (CAR), mempunyai tujuan yaitu untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas praktik pembelajaran di kelas secara berkesinambungan, untuk selanjutnya meningkatkan mutu hasil pembelajaran (instruksional), mengembangkan keterampilan guru, meningkatkan relevansi, meningkatkan efisiensi pengelolaan pembelajaran, serta menumbuhkembangkan …
Penulisan buku ini di samping sebagai materi kuliah juga dimaksudkan untuk meningkatkan dan/atau perbaikan praktik pembelajaran yang seharusnya dilakukan oleh guru, mengurangi kelemahan dan memperbaiki praktik_praktik pembelajaran disekolah
Buku ini ditulis untuk meningkatkn pemahaman para guru baik secara teoritis maupun praktis dalam melakukan PTK disatuan kerjanya
Buku ini berisikan tentang metode-metode riset terapan, yaitu metode penelitian tindakan, quasi eksperimen, evaluasi serta metode penelitian dan pengembangan. Buku ini dilengkapi dengan contoh masalah yang dapat diteliti, startegi pelaksanaan penelitian dan penulisan laporannya.
Buku ini dimaksudkan untuk memberi dasar teoritik dan panduan tentang pelaksanaan penelitian tindakan sebagai uapaya merencang suatu perubahan dan pengembangan sekolah