Buku ini membahas manajemen sumber daya manusia berdasarkan pendekatan mikro, yaitu membahas konsep, teori, metode, dan langkah-langkah dalam sumber daya manusia yang diterapkan pada tingkat organisasi dengan tujuan kuantitas dan kualitas SDM dalam organisasi sesuai dengan kebutuhan dan menjadi aset organisasi dalam memenangkan persaingan bisnis
Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDm) sebagai suatu bidang studi yang khusus mempelajari peranan dan hubungan manusia dalam mencapai tujuan organisasi/perusahaan terus dikembangkan hingga sekarang. Dengan MSDM, pihak manajemen perusahaan akan dapat mengarahkan karyawan secara benar sehingga potensinya berkembang. Lebih lanjut tujuan organisasi/perusahaan akan lebih mudah tercapai. Jadi tidak ad…
Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menjadi salah satu bidang dari manajemen umum, seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, serta manajemen operasi. Manajemen sumber daya manusia ini menjadi bidang kajian penting dalam perusahaan karena problem yang dihadapi perusahaan bukan hanya persoalan bahan mentah, modal, alat kerja, dan produksi saja, tetapi juga problem sumber daya manusia yang…
Karakteristik jasa yang sangat berbeda dengan karakteristik barang secara fisik menimbulkan masalah untuk mengukur atau menilai kualitas jasa. Keterlibatan konsumen secara langsung dalam proses jasa dan sifat jasa yang tidak dapat dilihat serta tidak dapat disimpan, membuat jasa dikelola secara khusus dan dengan penanganan yang unik. Semuanya dibahas dalam buku ini secara rinci.
Buku ini memaparkan tentang globalisasi manajemen sumber daya manusia, MSDM dan tantangan yang dihadap, orientasi karyawan hingga manajemen sdm berbasis kompetensi.